Seorang Guru dan Ketiga Muridnya

TeacherAda seorang Guru yang memiliki 3 orang murid. Guru tersebut memberikan kepada muridnya masing-masing seekor burung dan menugaskan kepada murid-muridnya Sehingga burung-burung tersebut berkicau.

Murid PERTAMA : “ayolah, burung…. berkicaulah!!! Kalau kau tidak berkicau, kau akan kubunuh.”

Tidak lama berselang, murid PERTAMA itupun membunuh burung pemberian gurunya.

Murid KEDUA menunggu dan terus menunggu burung tersebut berkicau. Sehari, seminggu, sebulan murid KEDUA terus menunggu hingga burung tersebut berkicau namun tak kunjung jua berkicau.sehingga kesabaran murid KEDUA pun mulai hilang dan akhirnya melepaskan burung pemberian gurunya.

Murid KETIGA tidak kehilangan akalnya. Dia memulai dengan memberikan makanan dan minuman kepada burung tersebut, Mengajak burung tersebut bepergian kemana saja bersamanya, memperdengarkan siulan-siulan untuk memancing kicauan burung tersebut sehingga selang beberapa lama kemudian burung tersebut akhirnya berkicau dengan merdunya.

~~

Dari ketiga murid tersebut, kita tentu dapat dengan mudah untuk menilai murid mana yang berhasil menjalankan dan memenangkan tugas dari sang guru. Pembawaan watak dari ketiga murid diatas sangatlah berbeda dalam mengemban tugas dari sang guru. Murid PERTAMA dengan cara memaksa, murid KEDUA hanya menunggu, dan murid KETIGA Yang mengusahakan. Akan tetapi apakah kita mau dan mampu untuk bertindak seperti halnya yang dilakukan oleh sang pemenang dari cerita diatas?

Oiya, saya tidak memaksa ataupun menunggu respon dari Teman-teman..dan saya tidak pula sedang mengusahakan Agar teman-teman mau untuk merespon. Sebab saya adalah sang guru yang sedang berbaik hati membagikan burung-burung tersebut.. huahahaha…
Oleh : Fajrul Iman Ibrahim
003/MAHESA/PENDIRI/2007

Komentar Anda?